< !-- -->

1001 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan & Kecantikan

Manfaat wortel ini banyak sekali sahabat,tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya,  Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, ternyata memiliki segudang manfaat lain. Tentu saja apabila sayuran bewarna oranye ini, dikonsumsi secara rutin. Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Gizi Wortel


Menurut dpertemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.


* Wortel kaya akan vitamin A


Wortel adalah makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.


* Antioksidan


Sayuran ini memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.


* Kandungan Vitamin dan Mineral


Wortel merupapakan sayuran yang sangat super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.


Pentingnya Konsumsi Reguler


Mengkonsumsi jus wortel secara teratur akan membuat kulit bercahaya dan terhidrasi dengan baik sehingga kulit tidak mudah kering dan terhindar dari berbagai masalah kulit seperti eksim.


Mengkonsumsi jus wortel juga mampu menghindari penuaan dini karena kandungan kaya antioksidan yang dimilikinya.


Antioksidan akan membuat kulit tidak mudah berkeriput serta menghindari munculnya bintik-bintik gelap pada kulit.


Manfaat Wortel Untuk Kesehatan  


1. Mengurangi Resiko Kanker

Di dalam wortel  memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan  kanker.  Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.



Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

2. Menekan Resiko Penyakit Jantung

Asupan harian 1 cangkir jus wortel membantu pencegahan penyakit jantung dan mengurangi kemungkinan stroke. Atau Mengkonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu, menurut penilitian uneversitas Harvard baru-baru ini, dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung.

3. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Sistem imun tubuh dapat diperkuat juga dengan konsumsi wortel secara rutin. Penelitian menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, manfaat antioksidan dikenal sangat penting untuk menjaga dan membuang radikal bebas.

4. Mencegah Penyakit Stroke 

Studi yang dilakukan di Harvard menunjukkan bahwa konsumsi 6 wortel satu minggu dapat menekan resiko penyakit stroke di bandingkan dengan orang yang hanya mengkonsumsi 1 buah per bulan.

5. Kesehatan Mata

Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari. Beta-karoten juga telah dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang sering terjadi pada orang tua. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya..

6. Untuk Kesehatan Ginjal

Sifat penyembuhan dalam jus wortel sangat membantu untuk membersihkan dan menyaring ginjal. Meskipun ahli mengatakan bahwa orang-orang dengan penyakit gagal ginjal tidak boleh minum jus, ternyata lain halnya dengan wortel, sayuran ini sangat ampuh untuk menjaga kesehatan ginjal.

7. Pemurnian Darah

Pemurnian darah sangat diperlukan oleh pria. Cukup dengan menggiling wortel hingga menjadi jus dan minum sekali seminggu, darah pria akan lebih bersih.

8. Meningkatkan Kualitas Sperma

Bagi para pria, khususnya yang berencana untuk memiliki anak, cobalah untuk mengkonsumsi wortel mental selama periode ovulasi

9. Merawat Mulut

Wortel membantu pria untuk menjaga seluruh masalah gigi dan mulut. Para ahli mengatakan bahwa wortel baik dalam menyembuhkan penyakit gusi dan bau mulut.

10. Mencegah Arthritis

Setelah melewati usia tertentu, pria rentan terkena penyakit satu ini. Namun, jika pria rutin mengkonsumsi wortel mentah setiap hal ini akan sangat bisa dikurangi. Sebab, Vitamin C pada wortel dapat membantu menguatkan tulang

Oke sahabat,untuk pertemuan berikutnya kami akan memberikan info lengkap wortel untuk kecantikan kulit serta manfaat untuk ibu hamil dan menyusui


Advertisement
1001 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan & Kecantikan