< !-- -->

9 Tips Ampuh Mengatasi Penyakit Anemia

Bagaimana Mengatasi Penyakit Anemia? - Penyakit animea merupakan kondisi dimana jumlah sel darah merah atau hemoglobin berada dibawah normal. Jumlah hemoglobin normal laki-laki rata-rata mengandung 16 gram hemoglobin per 100 ml. Sedangkan untuk wanita normalnya mengandung 14 gram per 100 ml. Jika Anda terkena anemia, biasanya Anda akan cepat lelah, lemas, gelisah, pucat dan terkadang sesak.

Nah buat Anda yang saat ini, sedang mengalami keluhan anemia, berikut di bawah ini kami share tips mengatasinya dengan cara alami dan mudah. Silahkan disimak.

Tips mengatasi anemia

1. Telur
Kandungan protein yang tinggi dalam telur mampu membantu memproduksi sel darah merah dalam tubuh. Anda bisa merebus telur sampai matang. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan daun bawang kedalam air rebusan. Sebaiknya rebus selama kurang lebih 30 menit  atau sampai telur benar-benar matang serta siap untuk di santap.

2. Konsumsi Buah-buahan
Seperti yang kita tahu, salah satu anjuran wajib buat penderita anemia adalah harus banyak-banyak mengonsumsi zat besi. Dan salah satu cara mudah dalam memperoleh zat besi adalah, dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan.

Karena dalam buah-buahan terkandung zat besi yang cukup tinggi. Buah-buahan yang diajurkan untuk penderita anemia yaitu kismis, apel, anggur, semangka dan alpukat.

3. Konsumsi Sayuran
Sayuran yang berdaun hijau pasti memiliki zat besi yang tinggi, dimana zat besi tersebut merupakan bahan untuk memproduksi hemoglobin. Semakin banyak Anda konsumsi sayuran, maka penyembuhan anemia semakin cepat.

Sayuran hijau yang memiliki zat besi tinggi antara lain bayam, seledri, kol, kangkung dan kubis. Namun dalam pengolahannya, Anda harus menjaga zat besi tersebut agar tidak hilang.

Caranya Anda bisa memasak dengan metode direbus dibanding digoreng atau yang lainnya. Selain itu saat memasak sayuran, hendaklah menutup panci karena ketika tutup panci itu terus dibuka maka kandungan zat besi akan semakin menipis bahkan hilang.

4. Konsumsi Daging
Untuk memproduksi hemoglobin, diperlukan mineral pendukung seperti zat besi, vitamin B12 dan asam float. Mengkonsumsi daging juga merupakan jalan keluar untuk mengobati anemia. Karena didalam daging, terdapat kandungan vitamin B 12 dan asam float yang bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah merah.

5. Hati Ayam
Cara cepat untuk mengobati anemia yaitu bisa menggunakan hati ayam. Selain untuk mengobati anemia, hati ayam juga mampu menambah stamina dan tenaga. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mencampurkan hati ayam dengan lauk yang lain seperti tempe atau tahu. Selain itu juga bisa diolah dengan tim. Konsumsilah hati ayam ini sebanyak dua kali sehari.

6. Hindarilah Makanan dan Minuman yang Mengahambat Penyerapan Zat Besi.
Ada beberapa makanan atau minuman yang menjadi pantangan bagi penderita anemia. Makanan atau minuman tersebut mampu menghambat penyerapan zat besi. Jika Anda masih dalam keadaan anemia, maka akan memperparah anemia Anda.

Adapun makanan dan minuman yang perlu Anda hindari antara lain:
a. Kacang keniri
b. Kopi
c. Daun mint
d. Daun seledri
e. Daun Kemangi
f. Stowberi

7. Madu
Sejak zaman dahulu, madu memang menjadi obat dari segala penyakit, tak terkecuali anemia. Karena memang madu mempunyai berbagai mineral bermanfaat buat tubuh. Dalam mengkonsumsi madu, Anda bisa campurkan madu dengan susu atau campuran makanan lain.

8. Kurma
Selain sebagai anjuran makanan untuk berbuka puasa, kurma juga kaya akan zat besi, vitamin B, vitamin C, antioksidan dan kompleks. Anda bisa memakan buah kurma sebanyak 5 sekali makan dan Anda bisa campurkan kurma dengan susu atau makanan lain.

9. Mandi Air Dingin
Mungkin terdengar asing di telinga Anda jika mandi dengan air dingin bisa mengobati anemia. Namun hal itu memang benar adanya. Dengan mandi air dingin,  bisa bermanfaat dalam meningkatkan sirkulasi darah.

Sehingga suhu tubuh akan diatur ulang dan gejala anemia bisa teratasi. Tapi harus ingat, ketika Anda dalam keadaan demam, janganlah coba-coba mandi air dingin. Nanti justru akan memperparah penyakit Anda.
Baca Juga: Cara Mengatasi Penyakit Insomnia (Susah Tidur)
Nah itu dia 9 tips mudah yang terbukti bisa mengatasi keluhan penyakit anemia. Silahkan dicoba dan semoga segera mendapat kesembuhan.
Advertisement
9 Tips Ampuh Mengatasi Penyakit Anemia